Rabu, 20 Januari 2010

apakah jatuh cinta itu.....??(bagian 4 belajar memahami)

Pencarian informasinya kurang dalem tuh. Seharusnya pada masa pedekate, galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang dirinya,”

“Sehingga nggak kaget kalo ada salah satu sifat jeleknya yang tiba-tiba muncul,” .Makanya dia rela berlama-lama pedekate atau menyelidiki calon pacarnya, biar nggak terkesan membeli kucing dalam karung. Males juga kalo ternyata harus putus karena salah jadian, pikirnya.

Tapi tenang, cing. Jangan panik atau stres kalo sampe ngalamin kayak gini. Ini bukan kayak salah pilih jurusan kuliah, kok! Akui aja kalo kita emang udah salah milih orang yang kita pikir bagus buat kita ternyata malah banyak mendatangkan masalah.

Lagian kita masih mudah gitu lho. Salah-salah milih pacar sih biasa. Malah, dari kesalahan kan nantinya bisa ketemu yang bener.

“Kejadian salah-pilih mestinya dijadikan pelajaran. Apakah pola penilaian kita yang tidak tepat? Misalnya, kita selalu berasumsi bahwa cewek cantik pasti baik, dan setelah pedekate ternyata amburadul sifatnya. Sudah selayaknya kita merubah penilaian asumsi itu. Sehingga next time kita tidak lagi terpikat pada kecantikan lahiriah saja, misalnya,”.

Satu hal yang bisa kita ambil dari kasus salah-pilih ini adalah nggak semua cewek cantik itu menyenangkan untuk dijadikan pacar. Tapi untuk mendapatkan pacar yang cantik, sungguh merupakan perjuangan yang besar. Hehehe, nggak nyambung!

Satu hal lagi yang kata orang lengket banget sama yang namanya jatuh cinta adalah cemburu. Sikap cemburu juga berawal dari emosi. Katanya sih, kalo udah jadian, cemburu itu tanda sayang. Tapi bisa juga ngeselin kalo ternyata kita cemburuan sama cewek orang.

Masalahnya adalah, kalo udah ngerasa cemburu kadang suka menyulut emosi. Ngeliat pacar kita deket sama cowok lain udah kayak kebakaran jenggot. Malah nggak jarang seorang cowok ngelarang ceweknya bergaul lagi sama temen-temen cowoknya. Nah lho? Apa bener ini didasari cinta?

Nah, buat temen-temen kita yang baru jadian, harap perhatikan dan garis bawahi. Cemburu itu murni karena emosi, bukan karena cinta.

“Cemburu itu timbul karena sifat egois kita. Nggak mau ada orang lain selain diri lo yang bisa memilikinya. Jadi lebih karena posisinya terancam sih. Paling dikit banget yang beneran karena cinta,” celetuk Arief.

Emang bener juga sih kata Arief. Soalnya kalo cinta sama cewek, kayaknya bukan malah ngekang tapi harusnya malah membiarkan dia berkembang. Ceile!

“Cemburu kan sebuah emosi dan warning aja bahwa ada ancaman dari luar. Bahwa ada kemungkinan exclusive relationship itu punya akhir. Ada kenyataan bahwa bukan kita satu-satunya yang suka dan disukai sama seorang cewek. Cemburu jangan dianggap sebagai tanda cinta, sebab orang tidak cinta juga suka cemburu kalau merasa hak miliknya diganggu,” dukung Ibu Lilly.

Tapi kalopun ada rasa cemburu ya nggak salah juga. Dalam berpacaran pasti bakal ketemu deh hal-hal kayak gini. Kalo Eross bilang sih, mendingan jadikan cemburu itu suatu proses aja. Di mana sikap saling toleransi dan saling bersikap dewasa sangat dibutuhkan. Kalo emang saling cinta, akhirnya pasti akan baikan juga, pikir Eross.

“Kalo menurut aku, cemburu itu sama sekali nggak jelek dan bukan sesuatu yang harus dilarang. Cemburu itu justru suatu indikasi baik akan seriusnya suatu hubungan,” repet Eross lagi.

Cinta Laura ngaku sebagai cewek yang gampang cemburuan kalo misalnya punya pacar. Menurutnya cemburu itu ada dua jenisnya. Yang pertama pasti karena care atau perhatian, yang kedua karena over protective.

“Yang pertama mungkin lebih karena sayang banget. Nah, yang kedua itu lebih nyari-nyari masalah aja,” ketusnya. Tapi dia nggak bisa menjelaskan tipe cemburu mana
yang mungkin dianutnya. Maklum, belum boleh pacaran sama mamanya.

Huah….kayaknya mulai jelas nih. Mudah-mudahan lancar kalo sewaktu-waktu dapet kesempatan jatuh cinta. Jadi, gimana nih tips untuk para cowok dalam menyikapi jatuh cinta?

“Jatuh cinta yang oke adalah jatuh cinta yang tidak narrow minded (berpikiran sempit, RED); yang bisa mengontrol lust atau nafsu sehingga tidak mengakibatkan kerugian di berbagai pihak. Sementara itu, Jatuh cinta putus cinta itu sebuah siklus kehidupan manusia, nikmati saja. Asal dalam batasan wajar dan dalam self-control yang tinggi. Tapi jangan lupa siap mental karena ada resiko yang panjang dalam urusan ini,” tutup Ibu Lilly.

True love is not about finding the perfect person, but by understanding an imperfect person perfectly. Cinta sejati itu bukan soal mencari orang yang sempurna. Melainkan untuk memahami ketidaksempurnaan seseorang dengan baik. Mungkin begitu intinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Love is...
© ♥♥♥ aLL About Love ♥♥♥ - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace